Seputar Informasi Terbaru

Cara Menghilangkan Tulisan Activate Windows

Cara Menghilangkan Tulisan Activate Windows

Windows adalah sistem operasi paling populer berbasis antarmuka pengguna grafis yang dikembangkan oleh Microsoft. Saking populernya, sistem operasi ini telah menjadi pilihan pertama untuk komputer atau laptop di sekolah sampai kantor.

Tampilannya minimalis dan sangat user-friendly sehingga memudahkan kita untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari.

Namun, mengapa muncul tulisan Activate Windows pada layar laptop?

Karena Windows sendiri merupakan sistem operasi yang membutuhkan lisensi untuk mengaktifkannya. Kemungkinan karena belum memasang lisensi pada laptop atau komputer, bisa juga lisensi sudah kadaluwarsa atau tidak cocok dengan tipe Windows.

Kalau sudah tahu cara untuk menghilangkan Activate Windows sangatlah mudah, jika belum simaklah ulasan berikut.

Cara Menghilangkan Watermark Activate Windows

1. Menggunakan Lisensi

Melakukan aktivasi Windows dengan lisensi merupakan solusi terbaik, karena dapat membuka semua fitur dan mendapatkan update sistem & keamanan secara rutin dari Microsoft.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli lisensi Windows melalui marketplace kesayangan Anda. Jika sudah memiliki lisensi dan sudah terhubung dengan koneksi internet Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk menghilangkan Activate Windows pada layar laptop.

  1. Buka Settings > Update & Security
  2. Ketuk tab Activation
  3. Klik Change Product Key
  4. Masukan kode lisensi
  5. Klik tombol Next untuk aktivasi
  6. Tunggu proses validasi, setelah itu Windows akan aktif

Selain menggunakan lisensi berbayar, ada juga aplikasi KMSPico untuk aktivasi Windows secara gratis. Namun, SamToday tidak merekomendasikan karena merupakah aplikasi pihak ketiga dan kemungkinan terdapat virus di dalamnya.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi tersebut, Anda harus mematikan Windows Defender lalu menginstall aplikasi dan klik aktivasi untuk mengaktifkan Windows.

2. Menggunakan Regedit

Untuk menghilangkan tulisan activate Windows menggunakan regedit Anda perlu keberanian. Jika Anda tidak memiliki keberanian, alangkah baiknya Anda membawanya ke tukang servis.

Apabila melakukan kesalahan akan berakibat fatal pada setelan sistem laptop atau komputer. Jadi, pastikan Anda benar-benar mengikuti langkah-langkah menghilangkan tulisan Activate Windows pada layar laptop:

  1. Buka program Registry Editor (Tekan tombol Windows + R, lalu ketik regedit dan tekan OK)
  2. Buka folder HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop
  3. Ketuk dua kali pada file Paint Desktop Version
  4. Ubah value data dari angka 0 menjadi angka 1, kemudian klik OK.

Jika sudah melakukan 4 langkah di atas, lakukan restart pada komputer atau laptop untuk menghilangkan tulisan Activate Windows secara permanen. Dengan demikian watermark Activate Windows akan menghilang dari layar.

3. Menggunakan Notepad

Cara yang terakhir adalah menggunakan program Text Editor bawaan dari Windows, yaitu Notepad. Cara ini lebih simpel daripada menggunakan regedit, karena Anda hanya perlu membuat file perintah menggunakan Notepad. Berikut beberapa langkah untuk menghilangkan tulisan Activate Windows menggunakan Notepad:

  1. Buka program Notepad
  2. Masukan kode “@echo off taskkill/F/IM explorer.exe explorer.exe exit” (tanpa tanda kutip).
  3. Simpan berkas dengan menekan CTRL + S
  4. Beri nama file menjadi Remove.bat dan ubah Save As Type menjadi All Files
  5. Buka folder tempat menyimpan
  6. Tekan klik kanan pada file Remove.bat lalu klik “Run Administrator”
  7. Terakhir, restart laptop atau komputer.

Kesimpulan

Munculnya tulisan Activate Windows pada layar disebabkan oleh Windows yang belum diaktivasi menggunakan lisensi. Walaupun bisa dihilangkan tanpa lisensi, alangkah baiknya untuk melakukan aktivasi windows dengan cara yang pertama.

Untuk mendapatkan lisensi Windows, Anda bisa membelinya secara online melalui marketplace dan secara offline di toko komputer terdekat.

Exit mobile version