Seputar Informasi Terbaru

Cara Mengembalikan Windows 11 ke Windows 10

Bagaimana cara mengembalikan Windows 11 ke Windows 10 tanpa harus kehilangan data dan tanpa install ulang? Caranya dengan rollback melalui fitur Go Back Windows.

Banyak pengguna sistem operasi baru Microsoft yang merasa tidak puas dengan Windows 11 karena masih belum stabil dan terdapat beberapa bug yang mengganggu untuk pengunaan sehari-hari. Untuk itu ada dua cara untuk downgrade Windows 11 ke Windows 10.

Walaupun Windows 11 telah keluar dengan beberapa perubahan. Selain memberikan tampilan dan nuansa baru dengan lebih segar, sistem operasi ini juga menawarkan sejumlah penyempurnaan melalui berbagai perbaikan dan tambahan fitur baru.

Sayangnya, sistem operasi ini belum sepenuhnya cocok untuk semua orang. Beberapa dari kita mungkin masih menemui banyak masalah bug, kompatibilitas masih dibatasi oleh aplikasi yang berbeda, dan mengalami performa menurun karena lebih berat daripada Windows 10.

Apabila kita masih merasa tidak nyaman atau memiliki alasan lain dengan sistem operasi Windows versi baru ini, kita dapat menggunakan opsi untuk kembali ke versi sebelumnya.

Untungnya untuk kembali ke versi sebelumnya caranya jauh lebih mudah di Windows 11. Hal ini dikarenakan Microsoft sendiri yang menawarkan opsi pemulihan yang dapat digunakan untuk kembali ke Windows 10 dalam instalasi Windows 11.

Untuk menggunakan opsi ini, cukup ikuti langkah-langkah untuk kembali ke Windows 10 di bawah ini.

Cara Mengembalikan Windows 10 dari Windows 11

Melalui Go Back Windows 10 (Tanpa Install Ulang)

1. Klik tombol Start Windows di desktop atau keyboard Anda
2. Masuk ke menu Settings
3. Buka bagian System
4. Temukan dan pilih opsi Recovery
5. Di halaman Recovery Options, ketuk tombol Go Back
6. Pilih alasan mengapa Anda ingin memulihkan Windows 11 ke Windows 10
7. Di jendela Check Update, pilih No, Thanks
8. Klik Next hingga Anda mencapai halaman Thanksgiving untuk memeriksa Windows 11
9. Klik tombol Go back to Windows 10

Anda tidak perlu khawatir menggunakan opsi ini untuk memulihkan dari Windows 11 ke Windows 10, karena tidak menghapus data pribadi apa pun. Namun, alangkah baiknya untuk mencadangkan data Anda terlebih dahulu untuk berjaga-jaga.

Sayangnya, opsi untuk kembali ke Windows 10 hanya tersedia secara terbatas. Kita dapat menggunakannya hingga 10 hari setelah Windows 11 diinstal, meskipun data sistem versi lama tidak dihapus di folder C:\Windows.old.

Jika waktunya habis, opsi untuk kembali ke Windows 10 tidak akan berfungsi. Namun Anda bisa memilih opsi melalui instal ulang windows dan dengan catatan seluruh data akan terhapus. Jadi, sebelum melakukannya Anda perlu membuat backup seluruh data penting milik Anda.

Lewat Install Ulang

1. Buka halaman unduhan Windows 10
2. Di bagian Create Windows 10 Installation media, klik tombol Download Tool Now
3. Setelah diunduh, jalankan file Media Creation Tool
4. Klik Yes untuk mengizinkan aplikasi membuat perubahan
5. Klik Agree untuk menyetujui kebijakan dan ketentuan
6. Pilih Upgrade this PC now
7. Pada beberapa halaman yang muncul, gunakan tombol Next atau Agree
8. Jika Anda berada di halaman opsi Choose What to Keep, jangan lupa untuk mengubah opsi menjadi Nothing
9. Ketika halaman Ready To Install terbuka, klik tombol Install

Seperti yang saya sebutkan di atas, proses instal ulang akan menghapus seluruh data dan semua pengaturan yang telah Anda terapkan sebelumnya. Setelah berhasil, kita harus mengatur ulang layaknya seperti komputer atau laptop baru.

Exit mobile version