Seputar Informasi Terbaru

Cara Mengatasi Windows Cannot Access dengan Mudah

Pernahkah Anda mencoba menginstal, memperbarui, atau membuka program atau file, dan menerima pesan peringatan atau kesalahan seperti ini? “Windows Cannot Access the Specified device, path, or file” yang berarti Anda mungkin tidak memiliki izin yang untuk mengakses program atau file tersebut.

Jika Anda tiba-tiba menerima pesan atau peringatan seperti itu, itu mungkin akan membuat Anda merasa sangat membingungkan dan bertanya-tanya, apa masalahnya dan mengapa. Banyak faktor yang membuat Windows tidak dapat mengakses file atau folder yang ingin dituju. Berikut saya jelaskan secara singkat alasan kenapa terjadi error Windows Cannot Access dan cara mengatasinya.

Alasan Windows Cannot Access

Secara umum, ada berbagai alasan mengapa Windows tidak dapat mengakses folder atau file yang ingin dituju. Berikut beberapa alasannya:

  • Perangkat lunak antivirus yang memblokir file.
  • File telah rusak, disembunyikan, atau dihapus oleh antivirus.
  • Keputusan atau jalan pintas program dilanggar.
  • Keamanan Windows telah memblokir file.
  • Atau Anda mungkin bukan administrator karena Anda tidak memiliki akses ke mode Run As Administrator.
  • File tidak tersedia karena penyimpanan eksternal yang tidak terhubung ke jaringan atau perangkat Anda.

Tentu saja, ada banyak alasan lain mengapa Windows tidak dapat mengakses perangkat, folder, atau file tertentu. Sekarang yang utama adalah bagaimana cara mengatasi Windows Cannot Access, karena ini adalah masalahnya. Ikutilah langkah-langkah yang saya tulis di bawah ini untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi Windows Cannot Access the Specified Device Path or File

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menerapkan beberapa solusi yang dapat Anda coba satu per satu. Jika cara atau solusi pertama tidak berhasil di laptop atau komputer Anda, coba solusi selanjutnya hingga berhasil.

1.Ubah izin file / folder

Catatan: Pastikan Anda adalah administrator atau anggota grup Administrator Domain. Jika Anda bukan administrator file atau folder, ganti dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan file atau folder yang ingin Anda pilih, lalu pilih Properties
  2. Pilih bilah keamanan, lalu klik nama Anda untuk melihat izin yang Anda miliki.
  3. Kemudian pilih menu Edit
  4. Centang izin yang sesuai dengan yang Anda butuhkan, lalu klik OK.

2. Periksa lokasi file

Masalah ini mungkin disebabkan oleh shortcut atau pintasan dan mencoba mengakses lokasi yang saat ini tidak tersedia selama penginstalan.

Periksa jalur file yang tidak dapat diakses Windows dan pastikan lokasi dan file atau aplikasinya tersedia.

3. Nonaktifkan antivirus dan buka kunci file

Anda dapat memeriksa apakah perangkat lunak atau program antivirus Anda memblokir file. Caranya dengan menonaktifkannya untuk sementara, lalu coba kembali membuka file yang Anda inginkan.

Jika Anda menonaktifkan program antivirus untuk sementara, Anda harus melakukan restart pada laptop atau komputer setelah selesai mencoba.

Jika program anti virus Anda matikan saat laptop Anda terhubung ke Internet, itu akan menyebabkan perangkat diserang oleh virus dan malware lainnya.

Namun, saya tidak menyarankan langkah ini untuk mengatasi Windows Cannot Access.

Tetapi jika menurut Anda file tersebut aman, cobalah. Jika memungkinkan lakukan backup data terlebih dahulu dan apabila ke dalam penyimpanan offline silakan cabut dari perangkat.

Harap dicatat bahwa saya tidak bertanggung jawab jika file penting Anda mungkin terinfeksi.

4. Pulihkan File yang Terhapus / Rusak

Jika file dihapus atau disembunyikan oleh antivirus, Windows tidak akan dapat mengakses jalur atau file perangkat yang ditentukan. Dalam hal ini, Anda dapat memulihkan data untuk mengatasi masalah ini.

Untuk memulihkan data yang hilang, Anda dapat menggunakan Recycle Bin atau perangkat lunak pemulihan data lainnya.

5. Buka Blokir File

Jika sudah mencoba empat solusi sebelumnya dan belum berhasil, mungkin file tujuan telah diblokir oleh Windows. Hal ini bisa terjadi ketika file berasal dari komputer lain kemudian sistem keamanan Windows mencurigai file tersebut.

Akibatnya, file tersebut diblokir untuk melindungi komputer atau laptop Anda. Untuk membukanya, Anda perlu memeriksa properti file tersebut dan membuka blokirnya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuka blokir file:

  1. Klik kanan file yang diblokir dan pilih Properties.
  2. Pilih menu General, lalu buka blokir jika opsi ini tersedia.

Apabila opsi ini tidak tersedia, Anda bisa mencoba mengecek target shortcut apakah sudah benar atau belum. Apabila target tujuan salah Anda bisa menggunakan opsi terakhir, yaitu mengeditnya atau membuat shortcut baru.

6. Buat Shortcut Baru

Selain mengedit target pintasan, Anda bisa juga membuat shortcut baru dengan folder atau lokasi file yang baru. Setelahnya, Anda bisa menghapus pintasan lama atau jenis file lainnya rusak.

Cara membuat shortcut di Windows:

  1. Jalanankan program File Explorer
  2. Klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda buat pintasan
  3. Pilih opsi Send To, kemudian pilih Desktop (create shortcut)
  4. Selesai, kini shortcut baru telah berhasil dibuat.

Menurut saya, cara ini adalah yang paling simpel dan tidak ribet.

Kesimpulan

Yang terbaik adalah merawat laptop atau komputer Anda sebaik mungkin, dan saya tidak berpikir Anda harus menggunakan perangkat lunak bajakan. Karena software bajakan bisa merusak windows.

Saya pikir masalah ini sangat mudah, tetapi karena banyak orang yang tidak tahu masalah ini, saya berinisiatif untuk menulis artikel ini.

Maksud dari pembahasan di atas adalah kita hanya perlu mengembalikan lokasi file, folder atau perangkat yang hilang.