Seputar Informasi Terbaru

Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

Apakah Anda pengguna Windows 10 yang merasa sebal karena mendadak update otomatis? Jika iya, kamu harus segera mematikan fitur auto update yang berjalan otomatis di Windows 10. Namun, jangan khawatir, Anda bisa memperbaikinya dengan menonaktifkan update Windows 10 secara permanen.

Di Windows 10, pembaruan diluncurkan dan diinstal secara otomatis saat pembaruan tersedia. Meskipun pembaruan windows dapat meningkatkan kinerja, stabilitas, dan keamanan serta mungkin akan menambah fitur baru.

Sayangnya, terkadang fitur auto update ini berjalan saat kita dalam keadaan penting, contohnya pada saat mau presentasi, saat mengejar deadline, saat akan meeting dengan client, dan lain sebagainya. Tapi perlu kita ketauhi, Windows 10 menawarkan lebih banyak fitur yang membuatnya lebih mudah untuk digunakan.

Fitur Auto Update di Windows ini pernah dijadikan dalam adegan film, tentunya fitur ini menjadi perhatian khusus bagi pengguna semua versi Windows 10. Mulai dari Windows 10 home single language, pro, hingga versi enterprise.

Setidaknya terdapat 4 cara untuk menonaktifkan update Windows 10 secara permanen, yang bisa menjadi solusi untuk menonaktifkan auto update. Cukup gunakan salah satu dari beberapa metode di bawah yang menurut Anda paling mudah dan efektif.

Walaupun cara menonaktifkan fitur windows update di Windows 10 terkesan lebih rumit dari versi Windows sebelumnya. Namun, sebenarnya cukup mudah dengan mengikuti langkah-langkahnya dari masing-masing metode.

Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

1. Dengan CMD

Cara pertama untuk mencegah Windows 10 memperbarui secara otomatis adalah dengan menggunakan bantuan Command Prompt atau CMD. Anda dapat menonaktifkan pembaruan otomatis dari Windows 10 menggunakan dua baris perintah.

Cara menonaktifkan update Windows 10 permanen lewat cmd:

  1. Buka CMD menggunakan fitur administrator
  2. Masukan perintah takeown /f “%windir%\System32\UsoClient.exe” /a
  3. Selanjutnya tekan tombol Enter
  4. Kemudian ketikan perintah icacls “%windir%\System32\UsoClient.exe” /inheritance:r /remove “Administrators” “Authenticated Users” “Users” “System”
  5. Tekan tombol Enter
  6. Selesai.

Fitur pembaruan otomatis Windows 10 sekarang akan dinonaktifkan secara permanen. Sehingga komputer atau laptop Anda tidak akan update secara otomatis ketika Anda memiliki pembaruan baru dari Windows.

2. Gpedit msc

Di Windows 10 Enterprise, Education, dan Professional, Anda dapat menggunakan Local Group Policy Editor atau gpedit.msc untuk menonaktifkan pembaruan Windows otomatis secara permanen.

Cara menonaktifkan pembaruan otomatis Windows 10 secara permanen melalui gpedit.msc:

  1. Klik tombol Start, ketik gpedit.msc, lalu enter.
  2. Buka Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update
  3. Klik dua kali opsi Configure Automatic Updates di sebelah kanan.
  4. Pilih opsi Disabled untuk menonaktifkan Auto Update Windows 10 secara permanen
  5. Klik Apply
  6. Terakhir, klik OK.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Windows 10 secara otomatis akan berhenti memperbarui. Namun, kemampuan untuk memeriksa pembaruan secara manual akan tetap tersedia di Pengaturan > Pembaruan dan Keamanan > Pembaruan Windows lalu klik tombol Periksa Pembaruan untuk mengunduh update terbaru jika diperlukan.

3. Aktifkan pembatasan koneksi

Anda dapat menonaktifkan pembaruan otomatis secara permanen di Windows 10 dengan membatasi jaringan Wi-Fi. Hal ini dikarenakan jumlah update dari windows umumnya sangat banyak, sehingga cara ini sangat ampuh untuk menonaktifkan update otomatis dari windows 10.

Cara menonaktifkan pembaruan Windows 10 secara permanen:

  1. Pastikan perangkat terhubung ke jaringan Wifi
  2. Buka menu Settings
  3. Kemudian masuk ke menu Network & Internet
  4. Klik Properties di bawah nama jaringan Wi-Fi yang terhubung ke perangkat Anda
  5. Klik di bagian Pengaturan Metered Connection
  6. Terakhir, aktifkan pengaturan Set as Metered Connection.

Cara ini sangat efektif jika Anda menggunakan jaringan Wi-Fi di komputer atau laptop Anda. Dengan mengaktifkan pembatasan koneksi, laptop atau komputer Anda tidak akan memperbarui secara otomatis setiap kali pembaruan Windows 10 tersedia.

4. Melalui regedit

Cara terakhir untuk menghentikan pembaruan otomatis dari Windows 10 adalah dengan membuat perubahan kecil pada registry di regedit.

Cara menonaktifkan update Windows 10 melalui regedit:

  1. Klik menu Start,
  2. Cari Regedit dan klik hasil teratas untuk menjalankan Registry Editor.
  3. Pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Policies > Microsoft > Windows
  4. Klik kanan folder Windows dan pilih New> Key
  5. Masukkan nama Key dengan WindowsUpdate dan tekan Enter
  6. Kemudian klik kanan dan pilih New > Key
  7. Beri nama Key dengan AU, lalu tekan Enter.
  8. Masukkan kunci AU, klik kanan di panel kanan, dan pilih New > DWORD (32-bit)
  9. Beri nama NoAutoUpdate dan tekan Enter
  10. Klik dua kali NoAutoUpdate untuk mengubah nilai dari 0 menjadi 1
  11. Klik OK
  12. Terakhir, restart laptop atau komputer

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, dapat dipastikan bahwa auto update di Windows 10 berhasil dinonaktifkan. Untuk menghidupkannya kembali, ikuti instruksi yang sama dan ubah nilainya menjadi 0.