Seputar Informasi Terbaru

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Safe Mode merupakan salah satu pilihan opsi start up yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan permasalahan (troubleshooting) pada sistem. Mulai dari masalah ringan seperti program yang crash sampai permasalah yang disebabkan oleh virus atau malware.

Dalam Safe Mode, proses start up di Windows hanya akan menjalankan sejumlah program dan driver yang penting saja. Sementara pengaturan program dan driver yang bermasalah tidak akan berjalan sehingga tidak akan menyebabkan error saat kita mencoba memperbaiki gangguan pada sistem.

Saat dalam safe mode akan muncul tulisan “Safe Mode” pada pojok atas. Berikut 4 Cara Masuk Safe Mode di Windows 10 dengan mudah dan benar.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

1. Klik Start (Ikon Windows pada pojok kiri bawah)
2. Ketuk Power
3. Tekan tombol Shift pada keyboard
4. Klik Restart
5. Setelah kembali menyala, Ketuk Start-Up Settings
6. Pada Start-Up Setting tekan tombol Restart
7. Silakan pilih jenis Safe Mode dengan menekan tombol F4 untuk Safe Mode atau F5 untuk Safe Mode with Network atau F6 untuk Safe Mode tanpa tampilan GUI Windows.
8. Windows 10 akan berjalan dalam Safe Mode.

Cara 2: System Configuration

Cara untuk masuk safe mode yang kedua dengan menggunakan System Configuration. Caranya, arahkan kursor mouse ke Windows Search yang letaknya berada di sebelah pojok kiri dekat ikon Windows lalu ketik “system configuration” atau “msconfig” kemudian tekan Enter.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Selanjutnya, akan muncul jendela baru yang bernama system configuration lalu ketuk tab Boot dan pilih salah satu jenis metode Safe Mode.

  • Minimal: Menjalankan Safe Mode dengan tampilan Windows dengan hanya memuat service dan driver yang penting saja.
  • Alternate Shell: Menjalankan Safe mode berbasis Command Prompt saja atau tanpa tampilan GUI Windows.
  • Active Directory Repair: Menjalankan Safe Mode untuk mengakses komponen hardware komputer.
  • Network: Menjalankan Safe Mode dengan tambahan driver jaringan dan dengan tampilan Windows.

Setelah memilih salah satu, silakan klik tombol “Apply” dan “OK” lalu pilih opsi restart sekarang atau nanti untuk masuk Safe Mode.

Cara 3: Tombol F8

Cara masuk Safe Mode yang ketiga menggunakan tombol F8 pada keyboard saat proses booting. Untuk melakukannya silakan menekan tombol F8 berkali-kali pada keyboard saat booting lalu pilih salah satu jenis Safe Mode.

Namun fitur ini sudah dinonaktifkan pada Windows 10 sehingga perlu diaktifkan secara manual.

Silakan ketik “Command Prompt” pada Windows Search lalu buka dengan Run Administrator dan tekan “Yes” apabila muncul peringatan dari User Account Control.

Setelah Command Prompt terbuka, langsung ketik perintah berikut lalu tekan Enter.

bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

Apabila berhasil akan muncul tulisan “The operation completed successfully”. Sekarang kamu sudah bisa kembali menekan tombol F8 pada saat booting untuk masuk Safe Mode di Windows 10.

Safe Mode Windows 10 Tombol F8

Untuk menonaktifkan fitur ini kamu hanya perlu merubah perintah Command Prompt menjadi

bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard

Setelah itu, tekan Enter dan apabila berhasil akan kembali muncul tulisan “The operation completed successfully”.

Cara 4: Advanced Setup

Safe Mode di Windows 10

Cara terakhir untuk masuk ke safe mode di Windows 10 adalah lewat Advanced Startup. Caranya, ketuk tombol Start kemudian pilih menu Settings. Selanjutnya silakan pilih Update & Security lalu pilih Recovery. Kemudian klik tombol “Restart Now” yang berada di bawah bagian Advanced Startup.

Komputer akan masuk ke dalam Recovery Mode dan silakan pilih Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings lalu pilih Restart. Setelah menyala, akan muncul berbagai macam jenis pilihan Startup termasuk jenis Safe Mode. Silakan pilih jenis Safe Mode yang kamu inginkan dengan menekan tombol F4 sampai F6.


Demikian pembahasan mengenai cara masuk Safe Mode di Windows 10. Safe mode adalah salah satu pilihan terbaik untuk melakukan troubleshooting dalam memperbaiki error-error pada sistem.