Seputar Informasi Terbaru

Cara Install WordPress di CyberPanel

CyberPanel merupakan web panel gratis dengan memiliki banyak fitur yang lengkap dan menarik untuk memudahkan dalam mengelola server website. Panel ini sangat ramai digunakan karena selain gratis, terdapat fitur Auto Installer WordPress untuk menginstal WordPress hanya dengan sekali klik saja.

Seperti yang kita ketauhi, fitur seperti ini umumnya hanya terdapat dalam web panel dengan addon yang berbayar saja. Namun, pada CyberPanel telah tersedia secara gratis dan bahkan sudah mendukung OpenLiteSpeed untuk meningkatkan kecepatan website.

Bagaimana cara install WordPress di CyberPanel? Yuk Simak tutorial Install WordPress CyberPanel lengkap dengan gambar dan penjelasannya.

Install WordPress CyberPanel

Sebelum mengikuti tutorialnya, Anda harus menghubungkan domain ke vps terlebih dahulu agar dapat langsung diakses melalui domain. Jika sudah Anda bisa mengikuti langkah-langkah install WordPress CyberPanel, mulai dari:

  1. Login ke CyberPanel
  2. Membuat Website
  3. Mengakses Menu List Websites
  4. Menghapus index.html
  5. Memilih Website sebagai CMS
  6. Menginstall WordPress
  7. Melakukan Rewrite Rules
  8. Mengakses wp-admin

1. Login ke CyberPanel

Pertama-tama, Anda harus mengakses halaman login Admin dari server CyberPanel Anda dengan membuka https://namadomainanda:8090 melalui browser. 

Jika sudah terbuka, masukan username dan password akun CyberPanel milik Anda saat melakukan instalasi CyberPanel, lalu klik tombol Sign In.

2. Membuat Website

Untuk menginstal WordPress pada website, Anda harus membuat website terlebih dahulu untuk dijadikan tempat instalasi. Namun, apabila Anda sudah membuatnya cukup lewati langkah nomor dua ini dan langsung menuju langkah berikutnya.

Untuk menambahkan website di Cyberpanel, klik Website pada menu sidebar lalu pilih Create Website seperti gambar berikut.

Selanjutnya, Anda harus melengkapi form detail website sebagai berikut:

Select Package : Biarkan saja default atau pilih paket hosting yang Anda buat sendiri.

Select Owner : Secara default, owner website adalah admin. Namun, Anda juga bisa memilih akun pengguna CyberPanel yang lain agar pengguna tersebut mendapatkan akses mengelola website ini.

Domain Name : Masukkan nama domain website untuk install WordPress

Email : Masukkan email yang Anda gunakan untuk mengelola website

Select PHP : Pilih versi PHP yang akan digunakan untuk website WordPress Anda. Disarankan untuk memilih versi yang terbaru karena lebih optimal.

3. Mengakses Menu List Websites

Jika sudah menambahkan website, pilih submenu List Website pada menu Website untuk mengakses atau mengelola website. Menu tersebut berada pada sidebar CyberPanel, jika masih bingung lihatlah gambar berikut:

4. Menghapus File Index.html

Jika sudah berhasil membuka List Website, silakan klik File Manager di sebelah nama domain yang akan dijadikan blog WordPress.

Selanjutnya, masuk pada folder public_html dan klik kanan pada file index.html lalu pilih opsi Delete untuk menghapusnya. Mengapa harus menghapus file ini? Karena file pertama yang akan ditampilkan ketika membuka alamat website adalah file index.

Jika sudah terhapus, silakan kembali ke menu List Website untuk menginstall WordPress.

5. Memilih WordPress sebagai CMS

Untuk mengakses fitur Auto Installer WordPress, caranya klik Manage di pojok kanan dari nama domain yang dipilih.

Berikutnya, pada halaman Manage Website akan menampilkan menu Application Installer, pilih menu WP + LSCache Installer untuk menginstall WordPress.

6. Menginstall WordPress

Setelah terbuka halaman Install WordPress, Anda perlu melengkapi detail instalasi yaitu:

  • Blog Title : Judul blog WordPress, Anda dapat mengisinya dengan nama website atau apapun sesuai keinginan Anda.
  • Login User : Masukkan Username yang akan Anda gunakan untuk mengakses dan mengelola blog melalui wp-admin.
  • Login Password : Isilah password yang akan Anda gunakan untuk login Admin WordPress. Sebaiknya, jangan pernah mengisi password ini sama dengan akses login CyberPanel atau VPS dan simpan detail login dengan aman.
  • Email : Masukkan email yang akan digunakan untuk login atau untuk memulihkan password User WordPress.
  • Path : Bagian ini tidak perlu Anda isi, secara default WordPress akan terinstall di home directory.

Jika sudah diisi semua, pastikan semua data sudah benar dan detail login sudah Anda simpan lalu klik tombol Install Now untuk memulai proses. Jika proses install WordPress sudah selesai akan muncul pesan Successfully Installed!

Sekarang coba akses domain website Anda, Jika WordPress sudah terinstall dengan benar akan muncul seperti gambar berikut ini.

7. Melakukan Rewrite Rules Force HTTPS

Jika perhatikan pada Address Bar ketika membuka domain Anda tadi, pasti muncul peringatan Not Secure atau tidak aman. Hal ini akan berpengaruh pada SEO dan kredibilitas website Anda, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Caranya, Anda harus mengaktifkan SSL dengan cara buka halaman Manage Website lalu pilih menu Rewrite Rules. Selanjutnya, pada Select Template pilih Force HTTP->HTTPS. Terakhir, untuk menyimpan perubahan konfigurasi klik Save Rewrite Rules.

Sekarang cobalah mengakses kembali website Anda, cek apakah sudah tidak ada peringatan Not Secure lagi.

Mengaktifkan protokol HTTPS pada website WordPress sangatlah penting agar data pengunjung Anda mendapatkan perlindungan SSL. Terutama jika website Anda mengelola data pengunjung sepeti toko online, enskripsi data melalui HTTPS akan meningkatkan keamanan.

8. Mengakses wp-admin

Untuk mengelola website sesuai kebutuhan dan keinginan Anda, perlu login terlebih dahulu ke halaman Admin WordPress.

Caranya dengan mengakses domainwebsiteanda/wp-admin, lalu isi detail login sesuai data yang Anda buat pada langkah ke-6.

Selamat, Anda sekarang sudah berhasil login ke panel website WordPress Anda!

Kesimpulan

CyberPanel menawarkan fitur yang memberikan banyak kemudahan secara gratis dalam pengelolan Virtual Private Server (VPS). Salah satu contohnya adalah fitur WP+LSCache di Application Installer untuk install WordPress.

Intinya, hanya perlu 3 langkah utama pada CyberPanel untuk menginstall WordPress, yaitu :

  1. Menghapus file index.html di folder public_html
  2. Menginstall WordPress dengan WP + LSCache Installer
  3. Mengaktifkan Rewrite Rules Force HTTPS

CyberPanel menggunakan LiteSpeed Web Server yang terkenal cepat dalam mengakses server dan akan membantu meningkatkan kecepatan website. Namun, perlu didukung dengan VPS Hosting yang mumpuni agar kecepatannya stabil dan sempurna.

Nah, itulah panduan cara install WordPress di CyberPanel. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba!