Seputar Informasi Terbaru

Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk Lengkap

Cara Install Windows 11 Dengan Flashdisk

Tahun lalu atau tepatnya pada 2021, Microsoft secara resmi merilis Windows 11. Tak sedikit orang yang langsung upgrade laptopnya ke OS terbaru tersebut. Selain upgrade langsung dari Windows 10, Anda juga bisa menggunakan cara install Windows 11 dengan flashdisk.

Menginstall sistem operasi, khususnya Windows menggunakan flashdisk sudah dikenal sejak lama. Cara ini sangat praktis, namun ada beberapa langkah yang memang wajib untuk dilakukan. Supaya lebih paham, sebaiknya simak penjelasan pada artikel ini sampai habis.

Ketahui Ini Sebelum Install Windows 11

Windows 11 merupakan sistem operasi terbaru. Itu artinya, tidak semua laptop atau PC kompatibel dengannya. Sebelum mulai menginstall, sebaiknya pastikan kalau laptop atau PC tersebut sudah memenuhi spesifikasi minimal untuk install Windows 11. Berikut detailnya.

  • Prosesor x64 bit
  • Prosesor 2 cores dengan clock speed 1 GHz
  • Ruang kosong di hard disk 64 GB
  • RAM 4 GB
  • UEFI Secure Book capable dan TPM 2.0
  • Layar 9 inci dengan resolusi 1366 x 768 pixel
  • Kompatibel dengan grafis DirectX 12 / WDDM 2.x

Kalau perangkat Anda sudah memenuhi spesifikasi minimal di atas, lanjutkan dengan proses persiapan dan instalasi Windows 11.

Hal yang Harus Dipersiapkan

Ada 3 hal penting yang perlu Anda persiapkan sebelum install Windows 11. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

File ISO Windows 11

Anda harus mempersiapkan file ISO atau installer dari Windows 11 itu sendiri. File ini bisa diakses secara resmi melalui laman Microsoft. Supaya lebih mudah, di bawah ini terdapat link yang akan mengarahkan Anda langsung untuk download ISO Windows 11.


Buat Flashdisk menjadi Bootable

Setelah file ISO didownload, sekarang waktunya untuk memasukkannya ke flashdisk. Tapi Anda tidak bisa melakukan copy dan paste biasa. Anda harus menggunakan aplikasi khusus seperti Rufus supaya flashdisk tersebut menjadi bootable. Caranya bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Download aplikasi Rufus melalui link berikut rufus-3.17p.exe
2. Karena aplikasi tersebut portabel, langsung saja jalankan file exe yang sudah didownload.
3. Tancapkan flashdisk dan pastikan tidak ada data penting di dalamnya, karena akan terformat dan semua data akan hilang.
4. Selanjutnya, pastikan flashdisk terbaca pada aplikasi Rufus

5. Klik Select, kemudian pilih file ISO yang tadi sudah didownload.


6. Klik tombol Start dan tunggu sampai selesai.


Backup Data Jika Perlu

Proses membuat flashdisk menjadi bootable memang membutuhkan waktu. Sembari menunggu, Anda bisa membackup beberapa data penting, terutama yang ada di drive C. Pasalnya, di sinilah nantinya Windows 11 akan diinstall. Ada kemungkinan file akan terhapus.

Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk

Kalau semua sudah siap, Anda bisa langsung mulai proses install Windows 11 mengikuti tutorial di bawah ini.

1. Atur Boot Order

Restart laptop atau PC. Jika layar sudah mati, tekan salah satu dari tombol berikut berulang-ulang untuk masuk ke pengaturan BIOS.

  • F10
  • Fn+F2
  • F2
  • F12

Jika sudah masuk BIOS, pilih menu Boot Order. Kemudian ubah Boot Priority ke flashdisk yang sudah Anda tancapkan. Kalau sudah, pilih opsi Save and Restart.

2. Mulai Booting

Saat restart, PC akan langsung membaca data di flashdisk. Anda berhasil mengubah prioritas boot jika di layar muncul tulisan Press any key to boot from USB. Itu artinya, Anda harus menekan tombol apa pun supaya booting bisa dimulai.

3. Pilih Bahasa

Sekarang pilih bahasa yang akan dipakai untuk instalasi dan tampilan Windows 11. Jika sudah selesai memilih, klik Next. Sekarang klik Install Now untuk memulai proses instalasi.

4. Aktivasi Windows

Anda akan diminta untuk memasukkan kode aktivasi Windows 11. Tapi langkah ini bisa dilewati kalau Anda belum memiliki product key, caranya adalah klik pada opsi I don’t have product key.

5. Memilih Versi yang Akan Diinstall

Berikutnya, Anda akan dibawa ke halaman berikutnya untuk memilih versi Windows yang akan diinstall. Ada pun versi yang tersedia antara lain Education, Workstation, Home, dan Pro. Pilih saja sesuai kebutuhan, lalu klik Next.

6. Pilih Opsi Instalasi

Di halaman selanjutnya ada license terms yang harus ada setujui. Klik kotak untuk memberi tanda centang di bagian bawah lalu klik Next. Berikutnya, Anda harus memilih opsi instalasi. Klik saja pada opsi yang bawah, yaitu Custom Install.

7. Pengaturan Awal Partisi

Langkah berikutnya pada cara install Windows 11 dengan flashdisk adalah memilih partisi yang akan dipakai untuk menginstall Windows 11. Pastikan Anda memilih partisi Primary

Jika ingin membersihkan data di dalamnya, klik Format terlebih dahulu. Tapi langkah ini tidak harus dilakukan kalau Anda ingin mempertahankan data di dalamnya. Klik Apply jika Anda sudah memilih partisi.

8. Tunggu Proses Install Selesai

Setelah melewati langkah pengaturan partisi tadi, Windows 11 akan mulai diinstall. Di layar, Anda bisa melihat proses yang sedang berjalan. Progresnya pun ditunjukkan menggunakan persentase. Proses ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Pastikan laptop Anda memiliki daya yang cukup. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya charge saja laptop selama proses instalasi berlangsung.

9. Atur Keyboard dan Lokasi

Setelah proses install selesai, Anda bisa langsung mengatur keyboard serta lokasi. Pilih Indonesia sebagai lokasi Anda dan klik Yes.

Selanjutnya, atur juga konfigurasi keyboard. Untuk pengaturan yang umum dipakai adalah US atau United States. Klik Yes lagi. Kemudian klik Skip.

10. Login Akun Microsoft

Berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih kegunaan laptop atau PC tersebut. Karena Anda menggunakannya untuk keperluan pribadi, pilih opsi Personal Use.

Lalu Anda akan diminta untuk menambahkan akun Microsoft. Jika sudah pernah punya akunnya, masukkan email dan klik Next. Jika belum punya akun sebelumnya, pilih Create One dan ikuti instruksi yang ada di layar.

Kalau tidak ingin menggunakan akun Microsoft, pilih opsi Sign In Option. Kemudian pilih Offline Account. Terakhir, klik Limited Experience.

11. Personalisasi Awal

Sekarang waktunya melakukan personalisasi awal. Berikut ini caranya.

1. Masukkan nama Anda, kemudian klik Next
2. Lanjutkan dengan menambahkan password untuk masuk ke laptop/PC.
3. Klik Next lagi.
4. Pilih pengaturan privasi dan klik tombol Next.
5. Terakhir, tunggu Loading selesai.

Windows 11 akan menyimpan dan memproses seluruh data yang sudah Anda masukkan tadi. Di tahap ini, Windows juga tengah mempersiapkan diri untuk bisa dipakai oleh penggunanya. Proses loading ini mungkin berlangsung selama beberapa menit. Tunggu saja dengan sabar.

12. Windows 11 Sudah Bisa Digunakan 

Kalau sudah berhasil melewati langkah loading yang ada di langkah nomor 12 tadi, artinya Windows 11 sudah siap untuk digunakan. Namun Windows 11 ini masih dalam keadaan “kosongan”. Artinya, tidak banyak aplikasi yang sudah diinstall. Hanya ada beberapa aplikasi default saja.

Sebaiknya Anda langsung menginstall aplikasi yang sering dipakai sehari-hari setelah selesai install Windows 11.

Cara install Windows 11 dengan flashdisk di atas sangat mudah, bukan? Sekarang Anda bisa langsung mempraktikkannya dan merasakan pengalaman menggunakan sistem operasi Windows terbaru. Tapi jika Anda belum melakukan aktivasi akan anda fitur yang belum aktif. Untuk mengaktifkannya silakan ikuti cara aktivasi Windows 11.